MENGENAL SUKU INCA

Suku Inca merupakan Suku indian yang bermukim di pegunungan Andes (Peru) pada abad ke-10 hingga ke-16 Masehi. Pusat pemerintahannya adalah di Cuzco, yang berada di ketinggian 3362 meter dari permukaan laut. Menurut legenda, kota Cuzco ditemukan oleh Manco Capac, pemimipin mereka yang pertama.

Pemimpin Suku Inca disebut Inca, dan dipercaya sebagai keturunan Dewa Matahari. Suku Inca hidup dari bercocok tanam. Mereka membangun sistem irigasi dan kanal-kanal. Lereng-lereng gunung dibuat sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk bercocok tanam. Oleh karena langkanya kayu, rumah mereka dibuat dari batu dan jerami. Dan sebagai pemanas, mereka membuat perapian dari kotoran hewan yang telah dikeringkan.

Meskipun belum mengenal kendaraan beroda, jalan-jalan sudah dibangun. Kota dan benteng sebagian besar dibangun di dataran tinggi dan di sisi-sisi curam pegunungan Andes. Bangunan dibuat dari batu-batu yang dibentuk dengan hati-hati sehingga pas untuk dipasang. Konstruksi bangunan mereka diakui sebagai yang terbaik di dunia. Bangunan-bangunan mereka yang terkenal antara lain benteng Sacasahuman, tempat pemandian Tambomachay, altar di Kenko dan Lako serta kota Machu Picchu.

Tanda-tanda keruntuhan Suku Inca mulai diramalkan ketika seekor burung elang (simbol Dewa Matahari) jatuh ke kaki Inca. Hal ini kemudian disusul dengan terjadinya gempa bumi, hempasan ombak besar serta berjangkitnya penyakit yang menewaskan ribuan orang. Tak lama kenudian, bangsa Spanyol tiba.

Bangsa Spanyol berhasil menguasai seluruh wilayah Suku Inca pada tahun 1533. bangunan-bangunan Suku Inca dirusak serta harta karunnya dikuras habis. Kekuasaan bangsa Spanyol baru berakhir pada akhir tahun 1820-an.

Mendekati akhir abad ke-19 dan memasuki abad ke-20, beberapa tempat bersejarah Suku Inca direnovasi. Penemuan kota Machu Picchu di dekat Cuzco pada tahun 1911 membuat perubahan pada Cuzco. Tempat-tempat ini kemudian dijadikan daerah wisata.

Yang Unik-Unik

· Untuk menghormati Dewa Matahari, dinding kuil Coricancha dilapisi lembaran emas. Setelah ditimbang, ternyata berat totalnya mencapai 1,400 ton!!!

· Suku Inca percaya bahwa orang yang mati masih merupakan bagian dari mereka. Oleh karena itu, orang yang meninggal dijadikan mumi dan masih dilibatkan dalam berbagai perayan penting. Baju bagus dikenakan, duduk di kursi emas, makanan dan minimuan ditawarkan, malah bahkan ada yang sampai disediakan ruangan serta pelayan khusus.

· Inca mendapat perlakuan yang sangat istemewa. Baju terbuat dari emas yang langsung dibakar setelah dipakai, tinggal di istana yang besar, diperlakukan bagai dewa, diangkut dengan tandu emas, serta memakai perabotan dari emas. Selain itu, wajahnya selalu tersembunyi di balik bahan yang sangat halus karena dianggap terlalu kuat untuk dilihat oleh mata orang biasa.

About these ads

2 thoughts on “MENGENAL SUKU INCA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s