Tugas IAD

TUGAS :

1. Berikan tiga contoh cara mengubah energi panas menjadi energi listrik ?

Jawab :

· Pembangkit listrik tenaga air

Prinsip pembangkit listrik tenaga air adalah pemanfaatan air sebagai sumber energi untuk menghasilkan listrik, yaitu dengan cara sebagai berikut.

· Dari sebuah danau atau sungai yang dibendung, air dialirkan melalui suatu terowongan dengan diatur oleh alat pengontrol. Terowongan air ini dibuat sedemikian rupa sehingga air dijatuhkan dari ketinggian 100 m atau lebih, hal ini bertujuan untuk mengubah energi potensial menjadi energi mekanik yang sebesar-besarnya. Ujung terowongan tersebut ditahan oleh sebuah turbin air. Dengan doronga, turbin akan berputar, dan perputaran turbin ini digunakan untuk memutar generator atau mesin pembangkit listrik. Listrik yang dihasilkan akan diubah atau diatur tekanannya dengan menggunakan transformator. Dari transformator ini, listrik dihasilkan ke tempat-tempat yang memerlukan.

· Pembangkit listrik tenaga diesel

Pada hakikatnya prinsip pemabngkit tenaga diesel adalah sama dengan pembangkit tenaga air, yaitu dengan cara menggerakkan generator pembangkit listrik. Dalam pembangkit listrik tenaga diesel rotor dari generator digerakkan oleh mesin diesel mesin diesel dipilih sebagai satu alternatif, karena mudah ditempatkan dimana saja, sedangkan bahan bakarnya adalah minyak diesel atau solar yang harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan bahan bakar bensin.

· Pembangkit listrik tenaga nuklir

Tenaga nuklir pada hakikatnya adalah tenaga yang timbul pada pemecahan inti atom. Pada umumnya yang dipecah adalah atom yang mempunyai berat seperti halnya Uranium. Inti atom dapat dipecah dengan cara menembakkan dengan neutron hasil peluruhan dari zat radioaktif yang lain. Inti yang pecah menjadi bagian-bagian lebih kecil mengeluarkan tenaga yang besar dan melepas neutron dari bagian inti. Jadi energi nuklir berasal dari tenaga yang mengikat inti atom. Tenaga yang ke luar itu berupa panas. Di dalam reactor, panas yang timbul diserap oleh suatu cairan penyerap panas dan dialirkan ke dalam air sehingga air tersebut mendidih dan menguap. Uap inilah yang digunakan untuk menggerakkan turbin uap dan selanjutnya menggerakkan generator listrik.

2. Apa beda mesin bakar dengan mesin diesel ?

Jawab :

* Mesin bakar : pada mesin bakar terdiri dari silinder, piston roda-roda penerus, lengan, busi, katup bahan bakar, dan katup pembuang.

* Mesin diesel : Mesin diesel terdiri dari silinder, piston, lengan roda penerus, katup bhan bkar dan katup pembuang. Pada mesin diesel tidak digunakan busi sebagai api pembakar.

3. Sebutkan 3 contoh manfaat televisi bagi umat manusia ?

Jawab :

· Dengan televisi orang dapat mengirimkan suara maupun gambar hidup

· Dapat mengirim dan menerima berita dengan kesan yang lengkap

· Dapat memperoleh hubungan yang bermutu dan terkontrol juga murah

· Dapat meningkatkan kualitan dan kuantitas pendidikan

4. Apa perbedaan ilmu pengetahuan ilmiah dan ilmu pengetahuan non ilmiah ?

Jawab :

· Ilmu pengetahuan ilmiah didapat melalui metode ilmiah atau cara-cara tertentu dengan memenuhi syarta-syarat tertentu. Sedangkan pengetahuan non ilmiah diperoleh begitu saja tanpa melalui proses tertentu.

· Ilmu pengetahuan ilmiah didapat dengan cara obyektif, sistematik dan berlaku umum sehingga menghasilkan ilmu yang disebut IPA yang dapat dibuktikan dengan fakta, sedangkan ilmu pengetahuan non ilmiah didapat dengan cara prasangka, intusi trial dan error yang menghasilkan suatu mitos.

5. Sebutkan penemuan dalam bidang ilmiah khususnya dalam bidang masing-masing?

Jawab :

Ilmu pengetahuan murni, seperti kimia memiliki temuan seperti teori atom. Teori atom telah berkembang mulai pada beberapa abad sebelum masehi. Adapun penemu teori atom tersebut, yaitu:

· Teori atom Dalton Penemu John Dalton

· Teori atom J.J. Thomson penemu J.J. Thomson

· Teori atom Ernest Rutherford penemu Rutherford beserta Geiger dan Ernest Marsden

· Teori atom Neils Bohr penemu Neils Bohr

Adapun penemu dari sistem periodik unsur, yaitu:

· Sistem Triad Dobereiner penemu J.W. Dobereiner

· Sistem oktaf Newlands penemu John Newlands dan Reina Newlands

· Sistem periodik Mendeleev penemu Dmitri Mendeleev

· Sistem periodik modern penemu Henry Moseley

Sedangkan penemu ikatan kimia yaitu G. N. Lewis dan Irving Langmuir

6. Jelaskan mengenai klasifikasi manusia ?

Jawab :

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Mammalia

Ordo : Primata

Famili : Hominidae

Subfamili : Hominidae

Genus : Homo

Spesies : Homo Spesies

7. Apa yang dimaksud dengan definisi manusia?

Jawab :

Makhluk yang diciptakan oleh Allah dan dianugerahinya akal, hati, fisik. Yang membedakan antara manusia dengan hewan adalah akal. Maka ada yang berpendapat bahwa manusia itu hewan yang berakal. Karena dari segi fisik memang tidak ada beda dengan hewan tetapi yang membedakannya adalah akal.

8. Apa yang dimaksud dengan ekologi?

Jawab :

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup dengan lingkungannya.

One thought on “Tugas IAD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s