MENGENAL TANGAN DAN PERALATAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MAKAN

MENGENAL TANGAN DAN PERALATAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MAKAN

ANNISA SYABATINI (JIB107032)

KHAIRUNNISA (JIB107052)

PS S-1 KIMIA FMIPA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Iklim dan suhu Indonesia yang lembab memudahkan mikroba patogen, termasuk di dalamnya bakteri, bertumbuh dan berkembang biak. Tanpa kita sadari dan tidak terlihat oleh mata, dalam setiap pori-pori suatu benda terdapat ratusan ribu hingga jutaan mikroba. Sebagian besar bakteri yang hidup dalam tubuh kita tidak berbahaya tetapi juga tidak menguntungkan, serta hanya terdapat sedikit jenis bakteri yang patogen.

Tanpa kita sadari pada jari tangan kita terdapat banyak bakteri patogen. Sebelum makan, sebaiknya tangan selalu bersih. Hindari pemakaian perhiasan pada jari dan pergelangan tangan secara berlebihan karena di antara jari dan perhiasan dapat menjadi tempat mikroba patogen berkembang biak. Kuku jari tangan harus rajin dipotong. Bagian bawah kuku yang panjang menjadi tempat mikroba berkembang biak. Bila bersin, sebaiknya tutup mulut dan hidung menggunakan sapu tangan. Hal ini untuk mencegah agar virus tidak menyebar ke mana-mana. Suhu telapak tangan Anda adalah suhu yang paling tepat untuk bakteri berkembangbiak, oleh sebab itu, cucilah tangan Anda sesering mungkin.

Cucilah tangan dengan sabun sebelum mengolah pangan dan sesering mungkin selama pengolahan pangan. Cucilah tangan dengan sabun sesudah ke toilet, setelah memegang hewan, unggas dan sebelum makan. Sabun mengandung antiseptik yang dapat membunuh kuman penyakit. Walaupun kebanyakan mikroba tidak menyebabkan gangguan kesehatan, namun mikroba patogen tersebar luas di tanah, air, hewan dan manusia. Mikroba ini terbawa oleh tangan, pangan, serbet dan peralatan dapur yang dapat mencemari pangan dan dapat menyebabkan penyakit. Adapun proses pencucian tangan yang baik dan benar adalah dengan menggosok-gosok tangan dengan sabun selama 20 detik dan membilasnya dengan air mengalir. Atau cucilah tangan Anda dengan sabun dan air hangat sebaik mungkin (20 detik) sebelum memulai pekerjaan dan setelah Anda menyentuh daging mentah (memotong sayuran atau menyentuh makanan yang akan dimakan tanpa dimasak).

Walaupun para peneliti menekankan pentingnya cuci tangan secara teratur, tetapi mereka juga menyatakan bahwa cuci tangan tidak membunuh bakteri. Di bawah permukaan kulit juga mungkin hidup berbagai bakteri yang tidak terakses saat cuci tangan. Para peneliti ini juga mengatakan bahwa koloni bakteri akan kembali terbentuk setelah cuci tangan serta cuci tangan sendiri tidak membunuh sebagian besar bakteri yang ditemukan pada permukaan kulit.

Mencicipi masakan tidak menggunakan jari tangan, sebaiknya memakai sendok. Meskipun terlihat sepele, sendok dan garpu merupakan peralatan makan yang penting. Karena keduanya berkontak langsung dengan mulut pada saat makan. Ada baiknya pelihara dengan baik sendok, garpu dan peralatan makan lain. Menjaga terus agar peralatan dapur, makan, dan minum tetap steril. Gelas, piring, sendok, dan peralatan dapur sebaiknya diletakkan dalam posisi tertutup.

Bahan pembuat sendok makan, sendok sayur, sendok teh, garpu atau sendok dan garpu kue biasanya logam antikarat atau stainless steel. Sendok makan umumnya terbuat dari baja stainless (baja tahan karat), ini bertujuan agar saat kita makan, kita tidak akan terkontaminasi adanya logam ke tubuh kita, misalnya makan bakso yang pedas dan asam. Banyak juga yang terbuat dari perak, kuningan dan plastik tetapi saat ini kurang populer. Bahan stainless steel juga bisa berkadar 100% atau hanya 50% saja tergantung kualitasnya. Yang paling  disukai adalah kombinasi antara stainless steel dengan bahan plastik warna-warni. Pastikan bahwa bahan pembuat peralatan ini benar-benar aman untuk makanan atau food grade.

Ketika makan, terapkan hygiene yang baik. Bersihkan semua peralatan makan dengan sabun. Noda atau bercak putih, kotoran dan goresan merupakan hal yang paling sering ditemui pada peralatan makan ini. Untuk membesihkan noda, gosoklah dengan air yang diberi sedikit soda kue, rendam beberapa saat lalu gosok dengan busa lembut dan bilas air bersih. Untuk kotoran yang menyelip diguratan hiasan atau di pegangannya, sikat dengan sikat gigi bekas lalu cuci dengan air sabun encer dan bilas hingga bersih. Keringkan segera dengan serbet bersih agar noda air tidak membekas pada sendok.

Sebaiknya simpan peralatan makan ini dalam wadah bertutup agar tetap bersih dan tidak berdebu. Kotak plastik bertutup rapat atau kotak kayu yang dialasi kertas bersih bisa jadi pilihan. Jangan menaruh kamper atau bahan pewangi lainnya karena akan aromanya akan melekat kuat pada peralatan ini. Meskipun sudah dicuci bersih dan disimpan dalam wadah bertutup, saat akan dipakai sebaiknya bilas sendok garpu dalam air hangat lalu lap dengan serbet hingga kering. Untuk penyajian di meja, taruh sendok garpu di tempat yang bersih dan tertutup agar tidak terkena debu atau dihinggapi lalat. Atau bungkus tiap pasang peralatan dengan serbet kertas.

Sebelum makan, sebaiknya tangan selalu bersih. Cucilah tangan Anda sebelum memulai dan setelah mengakhiri pekerjaan. Ingatlah selalu bahwa peralatan makan ini akan langsung masuk ke dalam mulut Anda. Jika Anda ingin membeli alat-alat dapur seperti sendok, garpu, wajan, panci, dll, makan pilih saja produk stainless steel. Produk stainless steel memang lebih mahal dibandingkan dengan produk aluminium, plastik. Tinggal pilih sesuai dengan budget kita. Sehingga Anda tidak perlu takut mau makan dengan menggunakan tangan ataupun peralatan makan yang hygiene.

2 thoughts on “MENGENAL TANGAN DAN PERALATAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MAKAN

  1. biasa aja si artikelnya.. hmm.. klu bole di revisi, mending itambahin sitasi2 yang lebih dalem lagi supaya bsa dijadiin bukti klu apa yang ditulis itu bener. trus tambahin bakteri2 pa aja yg bsa nimbulin pnyakit lewat tangan, krna itu juga penting, slain gmn cara bersihin tgn itu sndiri. cara bersih2 mah smua org jg tw, neng..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s