LUPUS PENYAKIT SERIBU WAJAH

LUPUS PENYAKIT SERIBU WAJAH

Penyakit, Systemic Lupus Erythermatosus, yang dikenal dengan penyakit Lupus, memang menyerang seluruh sistem internal tubuh. Dan hampir seluruh pasien Lupus terserang organ vitalnya, seperti mata, ginjal, jantung, hati, paru-paru, mata, sendi, syaraf dan kulit. Makanya penyakit ini termasuk jenis penyakit berbahaya, jika tidak diketahui sejak dini bisa mengancam jiwa dan menyebabkan kematian. Penyakit ini sering disebut sebagai great imitator, karena dapat menyerupai penyakit lain, sehingga penyakit ini susah dideteksi dari awal. Sampai sekarang asal muasal terjadinya penyakit ini juga masih jadi misteri buat peneliti di dunia kedokteran.

Awalnya salah seorang Odapus (Orang dengan Lupus), merasa dirinya sehat-sehat saja. Kalaupun ia sering mengeluh sakit kepala, dengan sekali pengobatan dokter, rasa sakitnya hilang. Tapi lama kelamaan, ia merasa sesuatu telah terjadi di dalam tubuhnya. Ternyata ia terserang penyakit Lupus yang sudah menggerogoti tubuhnya, dan ia pun harus mengikhlaskan limpanya diangkat.

Ciri utamanya, apabila seseorang terdapat bercak merah seperti kupu-kupu di pipi, berarti positif terkena Lupus. Ini gejala awal saat Lupus mulai berada dalam tubuh kita: sakit sendi atau tulang, demam berkepanjangan atau panas bukan karena infeksi, sering merasa cepat lelah, dan kelemahan yang berkepanjangan, bentol-bentol merah pada kulit, anemia, gangguan ginjal (kebocoran ginjal, protein banyak terbuang lewat urine), sakit di dada bila menghirup nafas dalam, rambut rontok, sensitif terhadap sinar matahari, sakit kepala, kejang, sariawan yang on off, ujung jari berwarna pucat, stroke, dan berat badan turun.

Dalam Ilmu Imunologi atau Ilmu Kekebalan Tubuh, penyakit Lupus kebalikan dari penyakit kanker atau HIV. Karena, tubuh akan bekerja berlebihan terhadap rangsangan dari sesuatu yang asing dan membuat terlalu banyak antibodi. Parahnya lagi, antibodi itu tidak berfungsi menyerang virus, kuman, bakteri yang ada di tubuh, tapi justru menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri.

Menurut Robert G. Lahita, M.D, Ph.D, kepala bagian Rematologi dan Penyakit Jaringan Konektif RS St. Luke/Roosevelt, Amerika Serikat, penyakit Lupus terbagi menjadi beberapa tipe, di antaranya Discoid Lupus, yang menyerang kulit, Sytemic Lupus, yang menyerang sistem dalam tubuh, termasuk persendian juga ginjal dan Lupus akibat pemakaian obat tertentu.

Memang sampai saat ini penyakit Lupus belum bisa disembuhkan atau dicegah, baru sebatas menghilangkan gejalanya. Caranya dengan mengkonsumsi obat-obatan seumur hidup, menjalani pola hidup tertentu, serta menghindari stres. Dan yang paling penting harus mempunyai semangat hidup yang tinggi.

5 thoughts on “LUPUS PENYAKIT SERIBU WAJAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s