Hey, coffee lovers!

Suka nongkrong di coffee shop? Asik, ya… Bisa nikmatin kopi sambil hang out sama teman-teman. Bisa sendirian sambil mengerjakan tugas dengan laptop. Bisa jadi meeting point kalau mau ketemuan dengan seseorang. Semuanya ditemani kopi yang nikmat.

Tahu tidak? Kopi itu bermacam-macam jenis, asal, dan rasanya. Soal rasa, tergantung dimana ditanam, dataran tinggi atau rendah, iklim setempat, cara pengolahan, dan sebagainya.

Amerika Latin

Kopi dari daratan ini rasanya seimbang, kadang mengingatkan kita pada rasa coklat atau kacang. Crispy dan tingkat keasamannya ringan.

Asia Pasifik

Sumatera

Ini kopi sangat Indonesian taste. Ada rasa cinnamon-nya, rasanya juga lebih spicy. Rasanya lebih strong dari kopi-kopi luar negeri.

Sulawesi

Bule-bule mengatakan, kopi Sulawesi itu the best coffee ever. Katanya, ini jenis Indonesia’s most elegant coffee. Aromanya yang earthy, secara body juga smooth dan full, terus ada rasa herbal juga.

Tahu kopi luwak? Kopi ini sudah dimakan bulat-bulat oleh binatang yang namanya luwak. Nah, biji-biji kopi yang dimakan tadi tidak tercerna, dan dikeluarkan lagi. Justru hasil olahan luwak tadi yang membuat pemanasan terbaik pada kopi. Hasilnya pun sangat baik. Dan harganya, mahal!

Katanya, ini kopi terbaik secara rasa di seluruh dunia. Banyak berasal dari Sulawesi. Harga secangkirnya di coffee shop bisa ratusan ribu perak! Karena proses output-nya yang super-alami.

Make Your Own Coffee! Saran Terbaik dari Starbucks:

Dua sendok teh kopi dengan 180 ml air.

Gunakan grinder atau penggiling dengan tingkat kekasaran lubang tersendiri. Semakin kecil lubangnya, semakin baik, karena kita bisa mendapatkan espresso atau sari kopi terbaik.

Sebesar 98% dari secangkir kopi adalah air. Hindari air yang bersentuhan dengan logam atau sulfur.

Musuh terbesar kopi adalah udara, sinar, tingkat kepanasan, dan uap lembap. Kalau kantong kopi kita terbuka, semua unsur tadi bisa merusak rasa kopi.

2 thoughts on “Hey, coffee lovers!

  1. em………. thanks 4 ur information, gw g hoby banget ngopi c, cm lg dpt tgas cari mcm2 kopi, bwt babeh gw. gle dy tuh mainak kopi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s